Sabtu, 29 Juni 2019

Pembuatan Video Animasi dengan Toontastic


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari waktu ke waktu telah memengaruhi berbagai bidang kehidupan sehari-hari termasuk bidang pendidikan. Ketergantungan terhadap perangkat TIK semakin hari sudah semakin meningkat, bahkan ada sebagian masyarakat yang sulit melepaskan diri dari perangkat TIK. Pengaruh TIK terhadap kehidupan sehari-hari tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat perkotaan saja tetapi sudah menjangkau masyarakat pedesaan. Masyarakat pengguna TIK adalah dari segi usia, mulai dari usia balita hingga usia lanjut. 

Dunia anak adalah dunia yang paling menyenangkan. Hampir setiap orangtua selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka, terutama kala mereka masih kanak-kanak karena masa anak-anak adalah masa yang paling menentukan dalam proses pertumbuhan psikologis mereka di masa mendatang. Dengan memberikan pendidikan yang tepat kepada anak maka akan dapat diperoleh landasan yang kuat bagi masa depan anak-anak itu. Media informasi internet merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang tepat untuk menetapkan pendidikan yang sesuai bagi anak. 

Penggunaan TIK dalam pendidikan cocok untuk pengaturan belajar yang lebih berpusat pada siswa. Tapi dengan dunia yang bergerak cepat ke media digital dan informasi, peran TIK dalam pendidikan menjadi lebih penting dan kepentingan ini akan terus tumbuh dan berkembang di abad ke-21. Dunia pendidikan kini sudah semakin maju dan modern. Fasilitas-fasilitas yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yang sekiranya masih bersifat tradisional, papan tulis misalnya sudah dialihfungsikan menjadi barang penghuni gudang. Fenomena tersebut terjadi karena adanya teknologi-teknologi yang semakin canggih seperti internet, computer, LCD, dll. Internet merupakan salah satu macam dari teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi tren baru bagi dunia pendidikan. Universitas-universitas, tempat kursus, sekolah-sekolah SMA, SMP, SD bahkan TK pun tak mau ketinggalan untuk mengenalkan TIK kepada anak didiknya. 

Pengembangan media pembelajaran sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat video animasi menggunakan smartphone adalah Toontastic 3D. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggambar, menganimasikan dan menarasikan kartun. Pengguna dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat dan memainkan kartun buatannya sendiri. Aplikasi ini didesain oleh Google, aplikasi gratis dan mudah serta menyenangkan bagi pengguna smartphone dari segala usia untuk membuat petualangan animasi, album foto, dan kreasi imajinatif lainnya. Selain itu aplikasi ini dapat meningkatkan daya imanjinasi, animasi dan kemampuan bercerita penggunanya sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. 

Langkah awal dalam menggunakan aplikasi toontastic adalah dengan menginstall aplikasi toontastic 3D melalui playstore. 


Setelah terinstal selanjutnya silahkan klik tanda “+” dan mulailah buat cerita mu. 


Untuk memudahkan pengguna, toontastic memberikan template untuk tiga jenis cerita yaitu cerita pendek (short story) terdiri atas tiga scene atau 3 layar. Selanjutnya ada cerita classic (Classic Story) terdiri atas lima scene dan juga ada bentuk laporan ilmiah (Science Report) terdiri lima scene 


Jika kita ingin membuat sebuah cerita pendek atau short story, aplikasi telah memberi kita tiga bagian yang dapat kita isi dengan cerita sesuai keinginan. Diawali dengan klik pada bagian beginning yang berarti awal cerita. Setelah beginning kita klik, maka akan muncul pilihan gambar latar yang dapat kita pilih misalnya ada latar kantin, ruang kelas, di tengah hutan, di kapal bajak laut, dan lain-lain. Setelah kita memilih latar selanjutnya kita memilih karakter yang akan bermain. Wajah dari karakter ini dapat diganti sesuai keinginan kita. Agar cerita berjalan dengan baik, sebaiknya disiapkan pula dialog yang akan diucapkan oleh karakter yang telah dipilih. Selanjutnya silahkan gerakkan karakter sambil mengucapkan dialog yang telah disampaikan. 


Setelah awal cerita selesai, silahkan melanjutkan ke bagian cerita selanjutnya yaitu inti cerita dan akhir cerita. Cara pengerjaannya sama, kita memilih gambar latar dan karakter dari cerita kemudian rekam suara kita sesuai dialog yang telah disiapkan.

Contoh cerita yang telah jadi dapat dilihat disini


contoh video animasi menggunakan toontastic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar